Jenis-Jenis Sistem Pembayaran Di Era Teknologi Mobile Saat Ini

Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih dan modern, jumlah pengguna smartphone dari waktu ke waktu semakin meningkat. Tidak hanya itu, jenis-jenis sistem pembayaran menggunakan media smartphone saat ini sudah tumbuh dengan pesat. Perusahaan-perusahaan teknologi terbesar di dunia pun ikut berlomba-lomba untuk meluncurkan sistem payment menggunakan mobile mereka sendiri. Namun sayangnya, semua teknologi itu belum ada yang bisa digunakan di Indonesia.

Kehadiran sistem pembayaran menggunakan smartphone diyakini lebih banyak membawa kemudahan terutama bagi masyarakat yang senang berbelanja secara online. Seperti yang kita ketahui saat ini kegiatan berbelanja memang sudah beralih dari sistem konvensional ke online. Dengan layanan sistem payment tersebut, mereka bisa melakukan transaksi lebih praktis dengan menjadikan smartphone sebagai pengganti uang tunai.

Apa Saja Jenis-Jenis Pembayaran Online Yang Ada Saat Ini?

Sistem pembayaran yang digunakan saat ini tidak lagi menerapkan transaksi langsung atau tunai, melainkan sudah mengaplikasikan sistem transaksi online. Lalu apa saja jenis-jenis online payment yang ada saat ini?

  • Kartu ATM/Debit

Alat pembayaran ini berbentuk kartu yang bisa digunakan untuk melakukan penarikan tunai. Selain itu ATM atau debit bisa digunakan untuk melakukan payment, pemindahan dana, transaksi saat berbelanja, dan masih banyak lagi. Dalam melakukan transaksi di era modern seperti sekarang, kartu ATM atau debit ini menjadi metode payment yang banyak diminati masyarakat Indonesia.

  • Kartu kredit

Jenis pembayaran yang selanjutnya yaitu kartu kredit dengan prinsip “beli sekarang bayar kemudian”. Pada saat melakukan transaksi, kewajiban pemegang kartu yang harus melakukan pembayaran ini diwakilkan terlebih dahulu oleh penerbit kartu tersebut. Nantinya berdasarkan waktu yang telah disepakati antara pemegang kartu dan penerbit, pemegang kartu harus melunasi pembayarannya.

  • Uang elektronik

Elektronik money merupakan alat pembayaran yang tersedia dalam bentuk elektronik dimana uangnya disimpan dalam media tertentu. Penggunaan uang elektronik ini hampir sama sistem kerjanya dengan kartu kredit dan kartu ATM dimana tujuannya adalah sebagai alat pembayaran.

Jenis-Jenis Sistem Pembayaran Berdasarkan Kategorinya

Jika dilihat berdasarkan kategori jenis-jenisnya, sistem pembayaran yang bisa digunakan masyarakat Indonesia dalam melakukan transaksi dan berlaku saat ini terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya :

  • Retail payment

Sistem payment yang digunakan untuk mempross transaksi ekonomi tanpa menggunakan uang sedikit pun. Jenis-jenisnya yaitu kartu ATM, elektronik money, digital money, dan using payment cards.

  • Batch system

Sistem pembayaran yang satu ini memungkinkan dilakukannya pembacaan data dari instrumen paper based secara elektronik. Instrumen yang termasuk ke dalam jenis sistem pembayaran yang satu ini yaitu cek, credit remittance, elektronik credit payments, dan elektronik direct debit payments.

  • Wholesale payment system

Dengan sistem pembayaran wholesale payment system transaksi yang diproses ini bernilai besar dan penting. Untuk nilai pembayarannya diproses secara individual dimana pada tahun 2000 tepatnya Bank Indonesia (BI) meluncurkan mekanisme Real Time Gross Settlement (RTGS).

Meskipun jenis-jenis sistem pembayaran online saat ini sudah menjadi trend sebagai media payment yang berlaku di masyarakat termasuk di Indonesia, pada faktanya tidak semua orang memiliki alat-alat payment yang bisa digunakan untuk melakukan proses pembayaran tersebut. Namun sebaiknya jangan khawatir, karena saat ini Anda masih bisa melakukan transaksi dan pembayaran ketika berbelanja dan yang lainnya melalui gerai Alfamart dan Indomaret.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *