Pengertian Bill Payment dan Jenis-Jenisnya

Bill payment adalah salah satu jasa perbankan dengan sistem pembayaran yang digunakan untuk melayani masyarakat dalam melakukan payment bulanan. Beberapa jenis pembayaran bulanan yang bisa dilakukan dengan layanan bill payment yaitu rekening listrik PLN, rekening telepon Telkom, PDAM air, sampai pembayaran kartu prabayar atau pulsa. Tidak hanya itu saja, seiring dengan perkembangan teknologi layanan payment juga melayani loket pembayaran leasing finance dan pembayaran televisi berbayar.

Jenis-Jenis Bill Payment Dengan Berbagai Kemudahan Untuk Customer

Saat ini, layanan bill payment terbagi menjadi dua jenis yaitu PPOB (Payment Point Online Banking) dan SOPP (System Online Payment Point) yang merupakan layanan payment point konvensional. Kedua jenis ini tidaklah sama, untuk mengetahui lebih lanjut mari simak sedikit ulasan dibawah ini.

  • System Online Payment Point (SOPP)

SOPP atau payment point konvensional adalah mekanisme pembayaran tagihan yang dilakukan dengan cara konvensional. Sistem pembayaran ini berlangsung dimana proses pelimpahan dana payment ke rekening penerima PLN dilakukan dengan menyetorkan dana via bank menggunakan uang cash atau tunai. Dalam proses pengelolaan data yang biasa dilakukan untuk mengurus data saat ini terbagi menjadi dua bagian yaitu :

  • Pengelolaan data secara batch

Sistem manage data yang pertama yaitu secara batch dimana pengeloaan data dilakukan dengan mengumpulkan terlebih dahulu semua transaksi yang ada. Setelah itu pada waktu yang telah ditentukan data transaksi sebelum-sebelumnya akan diproses dengan cara merevisi data file master.

  • Pengelolaan data mode online

Sistem manage data yang kedua yaitu mode online dimana pengelolaan dilakukan secara langsung saat data dimasukkan ke dalam sistem pengelolaan informasi.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin mendukung sistem payment, dibuatlah sebuah aplikasi yang diberi nama SOPP atau System Online Payment Point. Aplikasi ini bisa digunakan untuk melayani pembayaran pelunasan piutang para customer dengan format DPH (Data Pelunasan Harian). Dengan layanan SOPP, terdapat beberapa keuntungan yang bisa diperoleh diantaranya :

  1. Dapat melihat semua informasi tagihan pelanggan
  2. Dapat melayani pembayaran dan pelunasan piutang para customer
  3. Dapat memantau pelunasan hutang piutang, denda, membuat nota kredit harian dan komulatif
  4. Dapat digunakan untuk memantau hutang yang belum lunas
  5. Bisa digunakan untuk mencetak semua laporan terkait semua tagihan customer
  • Payment Point Online Banking (PPOB)

PPOB adalah sistem mekanisme pembayaran tagihan yang sangat aman, mudah, murah, dan tidak rumit dilakukan. Layanan pembayaran tagihan jenis PPOB ini bersifat real time secara online dalam waktu 24 jam. Dengan begitu, proses rekonsiliasi data dan dana bisa lebih akurat dan terjamin keamanannya. PPOB ini diselenggarakan di berbagai perusahaan yang langsung bekerja sama dengan perbankan.

Dengan layanan bill payment ini, pelanggan bisa melakukan pembayaran kapan saja dan dimana saja melalui delivery channel seperti ATM, Autodebit, Teller, Internet Banking, atau melalui sistem aplikasi yang dikembangkan langsung oleh perusahaan penyedia PPOB.

Bill payment adalah layanan yang PPOB tidak hanya memudahkan dalam hal melayani para pelanggan yang ingin melakukan pembayaran saja, namun juga membawa efek yang cukup besar bagi masyarakat Indonesia. Salah satunya bisa dijadikan sebagai peluang usaha menengah dengan keuntungan kecil namun akan mengalir secara terus menerus semakin banyaknya masyarakat yang membutuhkan jasa payment tersebut.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *