Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Pembayaran Online Indonesia PPOB

Dalam perkembangan dan kemajuan teknologi saat ini, bisnis usaha PPOB pembayaran online Indonesia sudah mulai menjamur di masyarakat. Dengan keuntungan yang menjanjikan, banyak yang berminat untuk menjalani bisnis yang satu ini. Untuk memulainya, Anda tidak harus mengeluarkan modal yang besar. Hanya dengan mempersiapkan peralatan seperti komputer dan printer yang nantinya digunakan untuk mencetak struk payment Anda sudah bisa memulai bisnis PPOB dengan mudah.

Sejarah Singkat PPOB Pembayaran Online Indonesia

Berdasarkan sejarahnya PPOB mulai diberlakukan di Indonesia pada tahun 2007, dimana PLN memberikan kebijakan kepada masyarakat dalam melakukan payment. Adapun pembayaran pertama menggunakan layanan PPOB ini dimulai di wilayah Jawa Barat dan Provinsi Banten. Sampai pada akhirnya mulai dipublikasikan ke berbagai wilayah dan PPOB pun sudah mempunyai berbagai konsep payment yang diduplikasi ke beragam fitur. Adapun fitur-fitur payment PPOB tersebut yaitu :

  1. Pembayaran Telkom
  2. Payment game online
  3. Pembayaran PDAM
  4. Leasing
  5. Payment pulsa all operator

Sampai saat ini masyarakat sudah merasakan keuntungan dan manfaat besar dengan adanya PPOB payment, salah satunya terbukti dengan pemenuhan kebutuhan sehari-hari yang dinilai lebih mudah dan lebih praktis. PPOB payment online mencakup pembayaran kebutuhan mulai dari rekening listrik bulanan PLN, token prabayar atau pulsa listrik, rekening telepon, tiket kereta api, sampai iuran bulanan BPJS.

Dengan adanya PPOB ternyata tidak hanya menghadirkan kemudahan untuk pelanggan saja, melainkan membawa peluang besar bagi masyarakat di zaman sekarang dalam menjalani usaha bisnis online. Ketika masyarakat sudah mengetahui PPOB online payment, mereka bisa memanfaatkannya sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan keuntungan sehingga jumlah pengangguran di Indonesia bisa berkurang. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa didapatkan selama menjalani usaha PPOB.

  • Biaya registrasinya cukup murah sehingga semua orang bisa melakukannya dengan mudah
  • Deposit yang ditanam pada PPOB disesuaikan dengan keingingan agen
  • Transaksi yang dilakukan sangat mudah dan berlangsung cepat
  • Saldo tidak mempunyai batas pemakaian dan tidak akan hangus
  • Produk yang dijual di aplikasi tersedia lengkap
  • Transaksi penjualan yang dilakukan tidak ditarget
  • Bisa dilakukan dengan cara downline
  • Penggunaan deposit multi bank

Perbedaan PPOB Dan SOPP Pembayaran Online Indonesia

Payment Point Online Banking atau PPOB merupakan salah satu jenis pembayaran online Indonesia yang menjadi bagian generasi pengembangan SOPP (Semi Online Payment Point). Menurut pengertiannya secara sederhana, PPOB merupakan metode mekanisme payment yang terkoneksi secara online dengan support perbankan yang bekerja sama dengan perbankan. Meskipun termasuk bagian dari SOPP, PPOB dan SOPP merupakan dua istilah yang berbeda. Lalu apa saja perbedaannya?

  • Mekanisme pembayaran PPOB berbasis online, sedangkan SOPP merupakan sistem transaksi yang dilakukan secara online namun namun semi online
  • Proses transaksi dan payment PPOB lebih singkat dan cepat karena loketnya dikhususnya untuk pelanggan, sedangkan SOPP mempunyai jeda waktu yang lebih lama sehingga para pelanggan harus menunggu untuk proses transaksi dan payment yang dilakukannya
  • Pengumpulan data saat transaksi menggunakan layanan PPOB terkumpul lebih cepat, benar, dan akurat. Hal ini bisa meminimalisir terjadinya kehilangan data maupun data yang tidak bisa dideteksi
  • Layanan SOPP memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengupdate data atau melihat arus keuangan
  • Dalam layanan PPOB sangat sedikit kemungkinan terjadinya pembayaran ganda atau kelebihan pembayaran

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *