Cek Tagihan PDAM Online Lebih Mudah Tanpa Harus Antri Di Loket

Menggunakan layanan PDAM dari dulu sampai sekarang masih menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang khususnya di wilayah perkotaan yang pada umumnya kesulitan mendapatkan sumber air bersih. Karenanya tidaklah heran jika layanan PDAM banyak digunakan. Untuk menggunakan layanan ini setiap bulannya Anda harus membayar tagihan air sesuai dengan pemakaian. Dalam hal ini sangat penting untuk Anda mengetahui bagaimana cara melakukan cek tagihan PDAM online ataupun offline.

Tidak hanya bisa dirasakan oleh masyarakat yang berada di wilayah perkotaan saja, saat ini pelayanan perusahaan air minum sudah bisa dinikmati sebagian besar masyarakat Indonesia. Perusahaan air yang sudah berdiri kurang lebih selama sepuluh tahun ini berperan penting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sama halnya dengan perusahaan-perusahaan lain yang sudah banyak mengalami transformasi, PDAM pun demikian dimana dari waktu ke waktu sudah melakukan pembenahan bagi kenyamanan konsumen. Hal ini terbukti dengan metode pembayaran tagihan PDAM yang bisa dilakukan secara online tanpa harus antri panjang di loket pembayaran.

Lalu, Bagaimana Cara Mudah Cek Tagihan PDAM Online?

Beberapa tahun lalu proses cek tagihan PDAM mungkin masih menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Namun hal ini berbeda dengan sekarang dimana Anda sudah bisa mengakses layanan cek tagihan PDAM online lebih mudah dan praktis. Saat ini tersedia dua cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukan cek tagihan air PDAM yaitu secara offline dan online. Dan berikut ini langkah-langkah mudah cek tagihan PDAM secara online yang bisa dilakukan.

  1. Persiapkan smartphone yang terkoneksi bagus dengan internet.
  2. Selanjutnya akses ke halaman website situs PDAM sesuai wilayah Anda.
  3. Pilihlah kelompok tarif yang sesuai dengan kondisi tempat tinggal, kemudian pilih ukuran meter air.
  4. Setelah itu ketikkan jumlah pemakaian air dan klik kalkulasi.
  5. Secara otomatis nantinya akan muncul tampilan secara rinci jumlah pemakaian air yang sudah Anda gunakan pada layar sekaligus tarif yang harus dibayarkan.

Selain menggunakan layanan cek tagihan PDAM secara offline dan online, khususnya di berbagai wilayah Indonesia para pengguna PDAM sudah bisa melakukan cek tagihan melalui mesin ATM dengan sangat praktis. Berikut ini salah satu contoh cara melakukan cek tagihan melalui ATM Bank Mandiri.

  1. Masukkan kartu ATM Anda ke mesin ATM, setelah itu ketikkan nomor PIN kartu Anda.
  2. Pilih menu bayar atau beli yang tersedia di menu utama.
  3. Selanjutnya pilih menu PAM.
  4. Pilih menu PAM lainnya, caranya dengan menekan angka 04 kemudian tekan ‘ya’.
  5. Pilihlah daftar kode untuk melakukan pencarian kode PAM Premium (30000).
  6. Ketik kode perusahaan (30000), kemudian ketik kode PAM wilayah Anda.
  7. Tekan ‘benar’ kemudian ketikkan nomor pelanggan Anda.
  8. Lanjutkan kembali dengan menekan ‘benar’.
  9. Tunggu dalam waktu beberapa detik, setelah itu akan muncul rincian pemakaian serta tagihan di layar mesin ATM.

Untuk menghindari keterlambatan pembayaran PDAM para penggunanya, perusahaan air minum sudah memberikan berbagai kemudahan dalam melakukan bayar dan cek tagihan PDAM online. Hal ini tentu saja akan lebih memudahkan Anda dalam menghemat waktu ketika ingin mengetahui tagihan PDAM yang harus dibayar di bulan tersebut. Sehingga tidak ada alasan lagi keterlambatan dalam pembayaran tagihan. Jika terlambat sudah menjadi resiko Anda membayar denda keterlambatan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *